robot bayi _buatan jepang

blogger templates

Robot Buatan Jepang Mirip Bayi Manusia

TOKYO - Jepang selalu jadi yang terdepan dalam teknologi robot. Kali ini, sebuah robot bayi berkepala botak bisa mengayun-ayunkan tangannya naik turun dengan ritme yang teratur, sementara itu bola matanya pun memperhatikan segala pergerakan yang terjadi di ruangan tersebut. Robot tersebut nampak lucu dan terlihat seperti bayi sungguhan.

Dalam tubuh robot canggih yang berbalut kulit silikon halus tersebut terdapat prosesor yang dapat merekam gambar dan situasi keadaan sekitar, dari informasi yang terekam itu maka robot tersebut akan belajar bergerak. Selain itu, robot ini pun mendapatkan suntikan humanoid berukuran 130 cm yang dirancang khusus agar dapat mempelajari gerak gerik seperti bayi manusia.

Robot dengan Biomimetic Body atau CB2 ini mengembangkan keahlian bersosialisasinya melalui interaksi dengan manusia serta memperhatikan ekspresi wajah dan mimik antara bayi dengan ibunya.

"Bayi memiliki program yang sangat terbatas, namun mereka memiliki kesempatan besar untuk belajar banyak" ujar Profesor Minoru Asada dari Osaka University, seperti dilansir melalui Times of India, Senin (6/4/2009)

Tim pembuat robot berupaya mengajarkan pint-sized android agar robot ini dapat berpikir seperti bayi. Sehingga, robot tersebut dapat menebak beragam ekspersi wajah seorang ibu dan mengelompokkannya kedalam kategori sedih atau bahagia.

Untuk menciptakan robot canggih yang didanai oleh Japan Science and Technology Agency ini, Asada menggandeng beberapa ahli di bidang lain di antaranya ahli robotic, spesialis otak, ahli psikologi dan ahli-ahli lain yang berhubungan dengan proyek ini. (srn)


0 Response to "robot bayi _buatan jepang"

Posting Komentar